Kumpulan Anak Soleh dan Soleha

Monday, 24 June 2013

Contoh laporan Penelitian Tindakan Kelas PTK

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Keberagaman jenis kepribadian pada siswa adalah salah satu penyebab terjadinya masalah dalam kelas khususnya pada siswa didik kami kelas IV SDN II Gudangharjo. Dalam penyampaian pembelajaran seringkali Guru menghadapi masalah dalam penyampaian pelajaran. Dengan hal tersebut maka Guru diharuskan kretif dalam penyampaian pelajaran serta penggunaan alat bantu yang dapat membangkitkan motivasi siswa untuk belajar. Dengan harapan supaya siswa dapat berprestasi dan hasil belajar siswa terus meningkat.
Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk. Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai masing – masing mata pelajaran 4,50 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah pemberian tugas kepada siswa. Maka dari itu kami sebagai Guru terus berupaya untuk menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi siswa, serta melakukan metode-metode yang beraneka ragam untuk terus membangkitkan motivasi siswa. Dengan pembelajaran secara kelompok serta penggunaan Alat peraga diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa. 
  1. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH 
  1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
  • Apakah pembelajaran secara kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN II Gudangharjo?
  • Bagaimana cara untuk membangkitkan minat siswa dalam mengikuti dan menyimak pembelajaran yang disampaikan?
  1. Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan 
download file