Kumpulan Anak Soleh dan Soleha

Monday, 20 June 2011

RPP rencana pelaksanaan pembelajaran & APKG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                :    SDN II Gudangharjo
Mata Pelajaran    :     Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester   :    V/ 2
Materi Pokok      :     Bumi dan Alam Semesta
Waktu                   :     2 x 35 menit

  1. Standar Kompetensi :  
  1. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam

  1. Kompetensi Dasar :
  1. Mendeskripsikan struktur bumi


  1. Indikator :
  1. Dapat Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi
  2. Dapat Memahami fungsi dari lapisan atmosfer
  3. Dapat Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan

  1. Tujuan Pembelajaran :
        • Siswa dapat Memahami peta konsep bumi
        • Siswa dapat Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi
        • Siswa dapat Memahami fungsi dari lapisan atmosfer
        • Siswa dapat Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan
        • Siswa dapat Mengetahui unsur pembentukan

  • Karakter siswa yang diharapkan :    
        • Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu.

  1. Materi Essensial
Mengenal Struktur Bumi.

  1. Media Belajar
        • Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    1. Pendahuluan
        Apersepsi  dan Motivasi :
          • Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
          • Memahami peta konsep tentang bumi

    10 menit
    1. Kegiatan Inti
      • Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
      • Siswa dapat Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi
    • Lapisan Atmosfer
    • Lapisan Kerak Bumi
    • Lapisan Mantel Bumi
    • Lapisan Inti Bumi Luar
    • Lapisan Inti Bumi Dalam
      • Memahami fungsi dari lapisan atmosfer
      • Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan
    • Lapisan Troposfer
    • Lapisan Stratosfer
    • Lapisan Mesosfer
    • Lapisan Termosfer
      • Mengetahui unsur pembentukan dari :
    • Lapisan Mantel bumi → terbentuk dari mineral silikat
    • Lapisan Inti bumi luar → terbentuk dari besi, nikel dan zat lain.
    • Lapisan inti bumi → terbentuk dari besi dan nikel padat.
      • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
      • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
      • Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi, guru:
      • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
      • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
      • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
      • memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
      • Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
      • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
      • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


    10 menit























    30 Menit












    10 Menit


    1. Penutup
    • Memberikan kesimpulan bahwa
      • Struktur bumi dari dalam sampai luar adalah lapisan inti bumi dalam, inti bumi luar, mantel bumi, kerak bumi dan atmosfer.

    10 menit
    1. Pekerjaan Rumah

    1. Penilaian:
      (Kognitif)
      Kecerdasan
      (Afektif)
      Pribadi
      (Motorik)
      Ketrampilan
      • Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar



    2. Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.





    3. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas




      • Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki  






      FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
      No.
      Skor
      Jumlah
      Nama
      Kerja sama
      Keaktifan
      Tanggung Jawab
      1
      2
      3
      1
      2
      3
      1
      2
      3
      1.
      2.
      3.
      4.
      5.
      6.


        
      NIlai PerolehanNilai Max X 100 :Nilai

      CATATAN :
            • Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
            • Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

      Nilai APKG 1 = R
      R = A+B+C+D+E+F6 =
      R=             +            +            +            +            +            +              6
      R=
          R=Rata-rata Butir
      Supervisor II



      Jarmiatin, S.Pd
      NIP. 19550816 197703 2 006
      Pacitan, 24 Mei 2011
      Praktikan


      Danang Adhi Setyawan
      NIM. 820953285
      Supervisor I



      Moh. Yunus, S.Pd